Tempat Wisata di Jawa Barat untuk Wisata Kesenian

August 10, 2016Wisata Standard
Tempat Wisata di Jawa Barat untuk Wisata Kesenian

Tempat Wisata di Jawa Barat untuk Wisata Kesenian

BangunSiang.com – Bandung ibukota Jawa Barat yang satu ini selain menarik wisatawan dengan keindahan alamnya yang menawan juga dengan budaya seninya yang tak kalah menarik. Beberapa tempat berikut ini merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang menawarkan kesenian-kesenian khas Jawa Barat.

  1. Saung Angklung Udjo

Angklung merupakan salah satu alat musik warisan budaya yang berasal dari Jawa Barat. Saung Angklung Udjo merupakan tempat yang di dirikan oleh Udjo Ngalagena yang merupakan seorang guru kessenian di Bandung. Kecintaannya pada alat musik ini membuat Udjo ingi mempertahankan salah satu warisan budaya tersebut yaitu dengan mendirikan Saung Angklung. Saung ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang memiliki unsur budaya yang kental. Saung ini memiliki arena pertunjukan yaitu untuk menunjukkan hasil kesenian dari angklung itu sendiri. Selain itu saung ini juga memiliki pusat kerajinan bambu serta workshop mengenai alat musik bambu khas Jawa Barat tersebut. Saung Udjo juga dikenal sebagai salah satu pusat wisata edukasi, seni dan budaya Sunda yang masih bertahan di Bandung.

  1. Dago Tea House

Dago Tea House merupakan suatu pusat kebudayaan yang ada di Bandung. Dago Tea House dibangun dengan tujuan unutk mempertahankan kebudayaan-kebudayaan di Bandung mulai dari seni tari, seni musik bahkan teater. Beberapa kebudayaan tersebut sering di selenggarakan secara rutin. Dengan meningkatnya apresiasi dari para pengunjung, Taman Budaya ini menyelenggarakan pertunjukan budaya tajindor yang hanya di selenggarakan setiap malam tahun baru. Selain itu Anda bisa menonton pertunjukan di teater tertutup, teater taman bahkan di cafetaria boga kuring yang di didirikan di atas bangunan Dago Tea House.

  1. Kampung seni manglayang

Kampung seni manglayang merupakan salah satu pusat budaya yang dibuka untuk umum pada tanggal 29 Agustus 2007. Kampung ini didirikan untuk mempertahankan kesenian dan kebudayaan yang ada di Jawa Barat. Kampung ini memiliki saung-saung lebih dari 20 jenis dengan fungsi dan peran yang berbeda. Kampung ini berada di kaki gunung Manglayang, Kabupaten Bandung.

Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Jawa Barat tersebut Anda juga berperan dalam mempertahankan kebudayaan Indonesia.

Baca juga: Les Privat, Peluang Bisnisnya Para Mahasiswa

Leave a Reply