Perbedaan Kandungan Gizi Oatmeal dan Beras

May 2, 2017kesehatan, Umum Standard

Di Indonesia, kata oat memang masih terdengar asing. Mungkin hal itu disebabkan karena oat tidak banyak dijumpai di seluruh pelosok negeri ini. Oatmeal adalah sejenis biji-bijian yang bisa mengenyangkan. Banyak orang yang menyamakan oat dengan gandum. Padahal hal itu sangat berbeda. Oat dalam bahasa inggris dikenal dengan nama havermut sementara gandum dikenal dengan nama wheat.

Penamaan yang berbeda ini menunjukkan jenis tanaman yang berbeda pula. Begitupun dengan cara pengolahannya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Havermut atau oat berupa biji-bijian yang bisa langsung dimakan. Sementara wheat atau gandum berupa rumput-rumputan seperti padi yang harus diolah beberapa tahap dulu untuk bisa disantap. Misalnya dibuat dulu menjadi bentuk tepung lalu diolah menjadi makanan olahan seperti roti dan makanan olahan lain yang dapat mengenyangkan.

Kandungan Gizi Pada Oatmeal

Kandungan Gizi Pada Oatmeal

Kandungan Gizi Pada Oatmeal

Oatmeal dan gandum sama seperti halnya beras dapat dijadikan bahan makanan pokok sehari-hari. Namun dari ketiganya, mempunyai perbedaan kandungan gizi dan protein yang mencolok. Berikut perbedaannya dari setiap 100 gramnya:

  • Havermet memiliki kandungan protein tertinggi yaitu mencapai 16 gr dengan serat larutan mencapai 5,1 gr
  • Wheat memiliki kandungan protein lebih sedikit dengan havermut yaitu hanya 13 gr dengan serat larutnya 2 gr.
  • Beras memiliki perbedaan yang mencolok dengan havermut dan wheat dalam hal kandungan protein dan serta larutnya, yakni hanya 6 gr protein dengan serat larut hanya 0,1 gr

Dari fakta di atas kita bisa menyimpulkan bahwa oatmeal adalah bahan makanan yang sangat baik untuk di konsumsi. Karena memiliki kandungan protein dan serat larut yang paling tinggi. karena kandungan serat larutnya, fungsinya seperti sponge yang bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah.

Begitupun dengan kandungan proteinnya yang tinggi, mengonsumsi oat akan menimbulkan efek lebih tahan lapar bila dibanding dengan memakan makanan olahan yang berbahan dasar tepung gandum atau nas yang berbahan dasar beras. Dengan demikian, wajar saja jika oat ini dianjurkan untuk orang yang sedang menjalankan program diet sehat.

Penjualan Oatmeal Di Indonesia

Penjualan Oatmeal Di Indonesia

Pasar Penjualan Oatmeal

Untuk mendapatkan oat yang berkualitas tinggi, tentunya harus dibeli di tempat-tempat penjualan makanan dan minuman sehat.  Walaupun tempat penjualan bahan makanan dan minuman sehat agak sulit ditemukan di Indonesia, untuk yang benar-benar ingin mendapatkan makanan dan minuman sehat jangan khawatir dulu. Sekarang sudah ada pasar online yang hanya menjual makanan dan minuman yang benar-benar sehat yang berbahan dasar dari bahan-bahan alami.

Pasar online ini benar-benar selektif untuk memilih makanan dan minuman yang benar-benar menyehatkan, misalnya dengan melibatkan tim ahli gizi pada proses penyeleksiannya. Pasar online tersebut adalah lemonilo.com yang menyediakan berbagai kebutuhan makanan dan minuman sehat dengan berbagai produk makanan dari brand-brand yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *