Macam-Macam Wadah Plastik untuk Penyimpanan Makanan

August 29, 2018Umum Standard

Salah satu wadah penyimpanan yang sering digunakan sehari-hari di rumah adalah wadah plastik. Kelebihan dari wadah berbahan plastik ini adalah murah, ringan serta mudah ditemukan. Namun demikian, wadah dengan bahan plastik ini tetap harus memenuhi kriteria yaitu simbol Food Grade maupun tulisan berbunyi Approved by FDA. Artinya, wadah tersebut aman untuk digunakan sebagai alat makan. Jangan mudah tergiur wadah yang harganya murah namun memberi dampak negatif pada kesehatan. Akan lebih baik apabila kita memilih merek dagang yang telah memiliki hak paten. Selain itu, pada kemasan wadah ini biasanya akan tercantum logo segitiga dengan angka tertentu. Tiap logo dan angka memiliki maknanya masing-masing.

 

  1. PETE dan HDPE

PETE atau PET adalah singkatan dari Polyethylene terephthalate. Botol dengan jenis PETE atau PET ini akan disarankan untuk digunakan sekali saja. Apabila terlalu sering dipakai, terutama sebagai penyimpanan cairan hangat ataupun panas, maka lapisan polimer pada botol meleleh dan zat karsinogenik akan keluar. Akibatnya adalah kanker jangka panjang yang dapat terjadi. Pembuatan botol dengan logo PETE sendiri akan menggunakan senyawa bernama antimoni trioksida. Jika masuk ke dalam tubuh atau dihirup dalam jumlah banyak, bisa mengakibatkan iritasi pada saluran pernapasan maupun kulit. Sementara wadah plastik HDPE atau High Density Polyethylene memiliki sifat bahan yang kuat, buram serta keras. Bahan plastik ini terbilang aman karena dapat mencegah terjadinya reaksi kimia antara botol HDPE dengan makanan atau minuman yang ada di dalamnya. Namun, sama seperti PETE, plastik HDPE juga sebaiknya hanya digunakan sekali saja.

 

  1. V dan LPDE

Kode V atau PVC ialah singkatan dari Polyvinyl chloride dan termasuk dalam jenis plastik yang proses daur ulangnya sulit. Bahan ini seringkali ditemukan sebagai plastik pembungkus atau cling wrap serta botol. PVC termasuk dalam jenis plastik yang berbahaya karena bisa merusak organ dalam seperti hati ataupun ginjal. Dalam PVC terkandung DEHA atau diethylhydroxylamine yang tergolong berbahaya. Selanjutnya, wadah plastik LDPE atau Low Density Polyehtylene termasuk dalam tipe plastik cokelat yang terbuat dari minyak bumi. Penggunaannya terutama adalah untuk tempat makanan, botol lembek hingga plastik kemasan. Sifatnya ialah tembus pandang, fleksibel, kuat serta memiliki permukaan yang cukup berlemak. Bahan ini bisa didaur ulang, sulit dihancurkan namun tergolong baik sebagai wadah makanan karena plastiknya akan sulit bereaksi secara kimia dengan bahan tersebut.

 

  1. PP, PS dan O

PP ialah singkatan polypropylene dan termasuk dalam bahan plastik terbaik sebagai tempat penyimpanan makanan ataupun minuman. Bahkan, bahan PP tergolong aman untuk bayi. Carilah kode angka 5 apabila hendak membeli barang dengan bahan plastik sebagai penyimpanan makanan atau minuman. PS atau polystyrene termasuk dalam polimer aromatik serta bisa mengeluarkan bahan styrene dalam makanan ataupun minuman yang bersentuhan dengannya. Bahan ini termasuk dalam jenis bahan plastik yang harus dihindari karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Terakhir, wadah plastik O ialah singkatan dari Other. Termasuk dalam bahan plastik jenis ini adalah ABS, nylon, SAN serta polycarbonate.

 

Untuk menjaga keawetan wadah berbahan plastik ini, kita harus membersihkannya secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus. Untuk menjaga kebersihan wadah plastik,

Leave a Reply