Langkah Perawatan Kelinci Hias Rumahan yang Baik dan Benar

November 13, 2017Umum Standard

 cara merawat kelinci hias rumahan

Siapa yang tak suka dengan kelinci, kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Tak heran jika ia menjadi favorit banyak orang untuk dipelihara. Tak hanya untuk dijadikan hewan peliharaan saja, kelinci juga bisa dimanfaatkan daging dan bulunya. Hanya saja untuk beberapa jenis kelinci ini, lebih cocok dijadikan peliharaan dan hiasan rumah saja daripada dimanfaatkan daging dan bulunya. Sebut saja kelinci angora, Dutch, lop, mini dan masih banyak lagi. Agar mereka tetap sehat dan dapat hidup lama, ini dia langkah perawatannya yang baik dan benar:

 

  1. Tempatkan pada kandang yang tepat.

Layaknya hewan piaraan lainnya, kelinci juga harus memiliki kandang untuk beristirahat, makan dan sebagainya. Gunakan kandang kelinci yang tepat, sesuaikan dengan berat dan ukuran dari kelinci itu sendiri. Misalkan untuk kelinci dengan berat lebih dari 3,5 kilogram, luas kandang yang pas adalah sekitar 130 x 60 x 60 cm. Jangan lupa juga memberikan alas berupa jerami dan bantal untuk tidur. Jaga selalu kebersihan kandang.

  • Berikan pakan yang higienis dan bergizi.

Memelihara tentu harus memberi makan, oleh karena itu agar kelinci-kelinci kesayangan Anda tetap sehat dan lincah, berilah pakan yang bergizi dan higienis, bila perlu berikan juga vitamin agar mereka tidak mudah sakit. Makanan-makanan yang cocok untuk kelinci di antaranya adalah sayuran kering dan segar, rumput Hay, biji-bijian yang sudah ditumbuk kasar atau digiling, wortel, ubi jalar hingga pakan konsentrat atau pelet.

  • Perawatan lebih lanjut.

Agar bulunya tetap cantik dan anggota tubuh lainnya tetap bersih, kelinci hias juga harus dimandikan dan dibersihkan kuku serta telinganya setiap 1 hingga 2 bulan sekali. Bisa dengan memandikannya sendiri menggunakan sampo khusus hewan, bisa juga dengan membawanya ke salon hewan. Tak hanya itu saja, perawatan lebih lanjut seperti pemeriksaan ke vet atau dokter hewan langsung juga wajib dilakukan untuk mengantisipasi penyakit berbahaya yang bisa mengancam kesehatannya maupun Anda sebagai pemiliknya. Jangan lupa sayangi kelinci-kelinci Anda dengan sepenuh hati, ajak mereka bermain dan perhatikan segala kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *