Cara merawat pakaian Rinso

Cara Merawat Pakaian Yang Berbahan Kain Tenun

December 23, 2016Umum Standard

Cara Merawat Pakaian

Pemakaian kain tenun sebagai bahan untuk membuat pakaian tidak asing lagi. Selain memiliki rupa yang eksotis, kain tenun juga menjadi wujud ciri khas dari sebuah daerah. Sebagian besar kain tenun dibuat dengan tangan. Namun ada juga sebagian kain tenun yang dibuat dengan mesin. Hal ini membuat cara merawat pakaian yang terbuat dari bahan ini menjadi berbeda dan perlu perhatian khusus. Selain agar lebih awet, cara perawatan yang tepat akan membuat warna yang dimiliki kain tenun tidak berubah atau luntur. Biasanya kain tenun tidak hanya terdiri dari satu warna dan memiliki motif-motif. Untuk itu hal yang paling pertama harus dilakukan adalah tidak mencampur kain tentun yang ingin dibersihkan dengan kain lainnya.

Begitu juga dengan sesama kain tenun. Pisahkan terlebih dahulu bila memang ingin mencuci pakaian secara bersamaan. Yang aman dan praktis tentunya mencuci pakaian berbahan kain tenun dengan membawanya ke tempat pencucian dengan sistem dry clean. Tempat pencuci dry clean rata-rata mengerti bagaimana cara mencuci kain tenun dengan benar. Namun tenang, mencuci sendiri di rumah juga bisa. Cara merawat pakaian yang terbuat dari kain tenun bisa menggunakan lerak atau pembersih khusus kain berjenis ini. Lerak juga bisa digunakan untuk membersihkan kainbermotif lain seperti batik. Tetapi tentu tidak mudah untuk menemukan lerak. Maka pemakaian deterjen juga masih dapat dilakukan.

Pakaian yang memakai bahan tenun tidak perlu dicuci dengan direndam terlebih dahulu. Justru merendam kain tenun akan membuat kain mudah berubah warna. Begitu juga dengan cara menyuci atau membersihkan pakaian yang berbahan kain tenun, hindari untuk menyikat pakai sikat cuci. Gunakanlah kedua tangan untuk mengucek-ngucek semua bagian kain. Cara merawat pakaian yang selanjutnya ialah Anda dapat gunakan sikat gigi bila terdapat bercak noda yang tidak hilang dengan kucekan. Sikat perlahat sampai nodah hilang dan pudar. Setelah selesai mencuci, jemurlah kain tenun dengan menghindari cahaya matahari langsung. Ada lebih baik bila dijemur di tempat jemuran yang memiliki atap namun angin tetap masuk dengan sempurna.

Terakhir, ketika mencuci dan menjemur, pastikan bagian luar pakaian berada di dalam. Anda lebih baik membalikan pakaian terlebih dahulu sehingga saat dicuci yang tersikat atau terkucek adalah kain bagian dalam. Begitu juga menjemur. Hal ini agar warna kain tetap bagus sekaligus menghilangkan kotoran pada kain tenun. Untuk menyempurnakan kegiatan mencuci, gunaka deterjen dengan aroma yang segar dan mampu menghilangkan noda secara maksimal seperti deterjen Rinso yang sudah sejak dulu dipercaya oleh para ibu di Indonesia. Dengan busa yang melimpah, kotoran di pakaian jadi lebih cepat hilang. Semoga informasi mengenai cara merawat pakaian yang berbahan kain tenun di atas bermanfaat.

Leave a Reply