menyeduh kopi tubruk

Beginilah Cara Menyeduh Kopi Tubruk Yang Baik Dan Benar

July 26, 2018Tips Resep Standard

Kopi tubruk merupakan minuman sederhana khas Indonesia yang dibuat dengan mendidihkan biji kopi yang telah digiling bersama dengan gula. Kopi ini mempunyai tingkat keasaman yang sama dengan kopi turki dan yunani dalam kepekatannya. Kopi tubruk sendiri sangatlah popular di pulai jawa dan bali. Awalnya resep kopi tubruk ini dibawa oleh pedagang dari timur tengah ke Indonesia. Nah di timur tengah sendiri kopi tubruk lebih akrab disapa dengan kopi lumpur.

Buat kamu penikmat, membuat kopi tubruk merupakan cara termudah menghidangan secangkir kopi yang nikmat. Variasi lain dari kopi tubruk ini adalah dengan menambahkan susu kental manis agar rasanya menjadi lebih kental. Ada juga yang menambahkan jus alpukat sebagai cara unik menikmati secangkir kopi tubruk. Di Indonesia sendiri, menikmati kopi tubruk biasanya paling cocok bersama dengan pisang goreng.

Cara Menyeduh Kopi Tubruk

menyeduh kopi tubruk

Nah buat kamu yang udah penasaran dari tadi gimana sih cara membuat kopi tubruk yang benar agar menghasilkan cita rasa yang pas. Langsung saja, beginilah cara menyeduh kopi tubruk yang benar.

  1. pertama, pilihlah kopi yang masih segar atau baru saja digiling. Karena biasanya kopi yang baru saja digiling akan menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Maksimal waktu penggilingan dan pembuatan kopi adalah 1 minggu. Tapi akan lebih baik jika setelah selesai digiling langsung diseduh. Yang perlu diperhatikan adalah jenis biji kopi yang dipilih. Maksud kopi segar disini bukanlah kopi yang baru dipetik, melainkan kopi yang telah dipetik dan telah dijemur sehingga biji kopi benar-benar matang. Baru setelah itu biji kopi digiling. Jarak penggilingan kopi dengan waktu jemur kopi baru dilakukan.
  2. Ketahuilah komposisi kopi yang tepat. Jadi buat kamu yang belum tahu, takaran untuk bubuk kopi dalam secangkir adalah 12 gram atau sekitar 2 sendok teh. Jadi sebaiknya jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Inipun harus kamu sesuaikan dengan ukuran cangkir kamu.
  3. Selanjutnya adalah cara menyeduh kopi. Untuk kamu yang hendak menyeduh kopi, sebaiknya hindari air panas mendidik. Karena yang benar adalah kopi diseduh dengan susu air 80-90 derajat celcius. Jadi bukan yang sangat panas ya.
  4. Campurkan bubuk kopi yang telah disediakan dalam cangkir dengan 200 ml air panas. Eits jangan langsung diaduk. Diamkan 2 menit, setelah itu aduklah. Cara ini dilakukan agar kopi dapat terekstrak dengan baik demi kualitas rasa yang pas.
  5. Dan terakhir adalah tambahkan gula sesuai selera. Hanya saja kebanyakan untuk penggemar berat kopi, penambahan gula merupakan tindakan penodaan dalam menikmati secangkir kopi. Karena sebenarnya kenikmatan kopi justru terletak dari rasa asli kopi itu sendiri. Kalaupun ingin kopi yang manis, tambahkan saja susu atau krim.

Baca Artikel : Cara Gampang Mengemukakan Pendapat Pribadi

Bagaiamana, gampang buka menyeduh kopi tubruk dengan benar. Kamu termasuk yang mana? Penggemar berat kopi atau hanya kadang kala saja menikmati kopi. Kalau penulis sih termasuk orang yang suka dengan cita rasa khas dari kopi itu sendiri.

Jadi untuk cara menyeduh kopi tubruk yang benar biasanya penulis tak pernah menambahkan gula ataupun susu. Sebab kita baru bisa menikmati rasa asli kopi bila tidak ditambah dengan pamanis. Nah beginilah cara menyeduh kopi tubruk yang benar. Semoga bermanfaat dan see you.

Leave a Reply