Beberapa Masalah Umum Pada Bayi yang Baru Lahir dan Tips Mengatasinya

August 10, 2016kesehatan, Umum Standard
Beberapa Masalah Umum Pada Bayi yang Baru Lahir dan Tips Mengatasinya

Beberapa Masalah Umum Pada Bayi yang Baru Lahir dan Tips Mengatasinya

Bangunsiang.com – Kita semua menyadari bahwa bayi yang baru lahir masih sangat lemah dalam berbagai hal, baik daya tahan tubuhnya, kulitnya, sistem pencernaannya, dan lain-lain. Oleh sebab itulah, tidak aneh jika si kecil yang baru lahir mengalami beberapa masalah dalam dirinya. Nah, beberapa masalah yang umum dialami oleh bayi baru lahir adalah berikut ini yang sekaligus juga tips untuk mengatasinya :

1. Kedinginan

Masalah umum yang pertama adalah kedinginan. Masalah ini tentunya tidak jarang dialami oleh bayi. Apalagi untuk bayi baru lahir, terlebih yang lahir dengan berat dibawah 2.5 kilogram punya resiko yang lebih besar untuk mengalami kedinginan. Hal tersebut ini dikarenakan kondisi suhu tubuhnya dibawah normal. Tips untuk mengatasinya adalah periksa suhu ruang istirahat si kecil. Lalu berikan pakaian yang cukup membuat tubuhnya hangat. Atau juga bisa menerapkan kangaroo method, dimana tubuh ibu jadi termoregulator serta menstabilkan suhu bayi.

2. Bayi Terlihat Kuning

Bayi yang baru lahir, terlebih jika lahirnya prematur, kadang kala nampak kuning di beberapa hari kelahirannya. Faktornya banyak, bisa disebabkan karena asupan gizi, bisa karena golongan darah yang berbeda dengan ibu yang menjadikan hemolisis, atau juga bisa disebabkan karena infeksi. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah membawanya ke dokter agar mendapatkan penanganan optimal yang lebih lanjut.

3. Kebersihan

Kebersihan juga biasa menjadi satu masalah umum yang dialami oleh bayi. Contoh misalkan kebersihan pada daerah-daerah lipatan seperti ketiak, leher, lipatan paha, belakang telinga jika tidak diperhatikan kebersihatnnya tentu hanya akan membuat si kecil merasa risih hingga berujung pada rewel. Bukan cuman itu saja, kebersihan yang tidak terjaga juga dapat menyebabkan iritasi. Tipsnya tidaklah lain adalah senantiasa menjaga kebersihan seluruh anggota tubuh bayi yang baru lahir. Saat setelah mandi, jangan sampai ketinggalan untuk mengeringkan tubuhnya dan memakaikan busana yang berbahan kain lembut. pastikan bagian lipatan-lipatan tubuh sudah bersih dan kering. Selain itu, dalam menjaga kebersihan dan juga kesegarannya, gunakan produk-produk dari Zwitsal yang telah diformulasikan khusus untuk bayi dengan bahan-bahan alami pada proses pembuatannya. Semua produk Zwitsal pun telah terui hypo allergenic, sehingga memberi kemungkinan yang sangat kecil untuk bayi mengalami iritasi.

Baca juga: Tempat Wisata di Jawa Barat untuk Wisata Kesenian

Leave a Reply