Bagaimana Proses Pembelian IPO

Bagaimana Proses Pembelian IPO?

November 8, 2017Bisnis Standard

IPO atau initial public offering atau penawaran saham perdana adalah proses penawaran emisi efek yang dilakukan oleh perusahaan emiten ke public atau masyarakat. Perusahaan emiten harus melewati serangkaian tahapan sebelum menjual efek yang dimiliki di Jakarta stock exchange sebagai salah satu pasar saham di Indonesia yang saat ini sudah bergabung dengan BES menjadi BEI.

Bagaimana Proses Pembelian IPO

Setelah melalui penawaran di saham perdana, penjatahan, pengembalian uang pesanan dilakukan oleh penjamin emisi ke investor yang tidak mendapatkan saham sesuai dengan yang dipesan. Proses selanjutnya adalah dengan penyerahan kolektif saham dan 1 bulan kemudian saham akan dicatat atau listing di bursa efek dan resmi diperdagangkan di pasar sekunder. Setelah diperdagangkan di stock exchange Jakarta, maka harga saham dapat naik turun sesuai dengan keputusan investor apakah akan menahan atau menjual saham tersebut.

 

Cara beli saham IPO yaitu:

 

  • Dapatkan Formulir pemesanan pembelian saham atau FPPS dan isi formulir dengan dilampiri fotokopi KTP.
  • Lakukan pembayaran dari pemesanan saham dan simpan bukti pembayaran.
  • Kembalikan formulir untuk proses IPO yang dilengkapi dengan bukti pembayaran ke agen dan hari terakhir masa penawaran umum adalah hari terakhir pengembalian yang akan berlangsung selama 3 hari.
  • Menunggu hasil penjatahan dan pemesanan saham tidak semua dapat dipenuhi. Jika setiap pemesan tidak memperoleh kesempatan minimal 1 lot, maka ketentuan penjatahan dilakukan lewat undian sedangkan jika efek yang dipesan tersebut melebihi jumlah efek yang tersedia, pemesan akan mendapatkan minimal 1 lot plus bagian dari sisa yang ada.
  • Memperoleh SSK atau surat saham kolektif sebagai bukti investasi.

 

Untuk pembelian IPO yang tepat di Jakarta Stock Exchange, Anda tidak dapat membeli secara sembarangan karena dapat membuat Anda merugi. Perhatikan terlebih dahulu kondisi pasar saham yang terjadi saat ini karena mungkin saja saham yang Anda incar sedang menurun. Anda dapat memantau pergerakan pasar saham di IDN Finansial. Dengan informasi yang akurat dan tepat, Anda dapat menentukan strategi trading IPO sehingga Anda mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang Anda perkirakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *