menurunkan kolestrol

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Merubah Gaya Hidup Dan Pola Makan

June 13, 2016kesehatan Standard

Saat tubuh anda mengalami kolesterol yang tinggi, maka sudah seharusnya anda merubah kebiasaan anda sehari-hari yang dapat menyebabkan tingginya kolesterol seperti pola makan dan gaya hidup anda. Misalkan makan-makanan instan atau cepat saji dan juga sikap malas berolahraga. Karena hal-hal tersebut dapat menjadi penyebab dari timbulnya masalah kolesterol yang tinggi.

Adanya kolesterol buruk (LDL) yang tinggi dalam tubuh dapat membahayakan diri karena dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan juga stroke. Oleh karena itu kita harus tahu bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi dengan pola makan yang mudah, dengan anda merubah gaya hidup, pola makan dan juga olahraga yang teratur maka akan berpengaruh pada penurunan kolesterol anda. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini cara menurunkan kolesterol dengan praktis dan juga mudah.

1. Konsumsi lemak tak jenuh. Adanya sedikit lemak dalam tubuh diperlukan sekitar 25-30% dari kalori sehari-hari. Namun harus diperhatika pula karena tidak semua lemak baik untuk tubuh. Lemak yang diperlukan disini yaitu lemak tak jenuh yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesrerol jahat (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik HDL). Ini berbeda dengan lemak jenuh yang justru dapat meningkatkan kolesterol jahat. lamak tak jenuh dapat anda temukan pada minyak zaitun, minyak safflower , dan juga kanola. Namun dalam mengkonsumsinya jangan terlalu banyak, tetapi secukupnya saja.

2. Konsumsi makan kacang-kacangan. Mengkonsumsi kacang-kacangan dapat bermanfaat untuk tubuh, hal ini karena dalam kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang tinggi dan sedikit meningkatkan kadar gula. Hal ini akan membantu dalam menurunkan kolesterol dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

3. Olahraga secara rutin. Banyak melakukan olahraga dengan rutin seperti jogging, jalan kaki, dan yang lainnya, dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Bahkan olahraga juga bermanfaat dalam mempertahankan berat badan yang ideal, dan mengembangkan arteri yang tersumbat.

4. Menjaga berat badan yang sesuai. Jika anda memiliki berat bdan yang berlebih maka hal tersebut akan cenderung membuat kolesterol yang tinggi. Hal ini karena dalam badan yang gemuk akan menciptakan penumpukan trigliserida dibalik lipatan kulit, terutama pada kulit perut. Sehingga dengan anda menjaga berat badan yang sesuai maka resiko akan kolesterol yang tinggi akan semakin menurun.

5. Mengikuti saran dokter. Jika kolesterol anda masih tinggi dan anda rentan terhadap penyakit maka sebaiknya hubungi dokter anda secara teratur untuk mengawasi kesehatan anda. Ikuti pula apa yang menjadi rekomendasinya supaya kesehatan anda dapat terjaga dan dapat menurunkan kadar kolesterol anda.

Leave a Reply